Selasa, 01 Januari 2013

Tips & Teknik Dasar Fotografi Siluet / Silhouette Photography

1/01/2013
Tips dan teknik foto siluet
Photo credit : Subit Chakrabarti

Silhouette photography / fotografi siluet mengacu pada satu teknik foto di mana bagian tertentu dari sebuah gambar dibuat menjadi lebih gelap. Artinya, latar belakang tetap dibiarkan terang sedangkan latar depan dan subjek utamanya benar-benar hitam karena perbedaan eksposur. Fotografi siluet sering terjadi secara tidak sengaja pada saat kita memotret sunset dan sunrise. Hal ini juga biasa terjadi ketika sesuatu yang lebih cerah berada di belakang subjek utama foto. Fotografi siluet dapat membuat gambar yang kita ambil menjadi lebih indah bila digunakan dengan sengaja dengan menerapkan sedikit teknik pencahayaan yang tidak terlalu sulit untuk dikuasai.

Pemilihan Subjek Foto Siluet


Saat memotret menggunakan teknik fotografi siluet yang terpenting adalah untuk memperhatikan bentuk subjek Anda. Karena semua detail yang ada pada subjek akan hilang, maka kehadiran subjek Anda harus bisa diwakili oleh suatu bentuk atau garis sederhana. Ini berarti bahwa tidak semua subjek cocok untuk digunakan dalam fotografi siluet. Bentuk subjek yang tidak terlalu bisa dikenali saat dibuat menjadi siluet akan membuat foto menjadi kurang menarik atau tidak memberikan kesan bagi orang yang melihatnya.

Cara Membuat Foto Siluet


Untuk menciptakan efek siluet, Anda harus mengukur eksposur yang tepat untuk latar belakang (bagian terang dari gambar) dan membuat subjek dan latar depan menjadi under-exposure (bagian gelap dari gambar). Ketika pertama kali belajar fotografi siluet, saat matahari terbit dan terbenam adalah waktu yang baik untuk berlatih karena matahari dapat diposisikan tepat di belakang subjek yang ingin Anda gelapkan. Dengan menggunakan kamera yang memungkinkan pengaturan manual, proses ini akan cukup sederhana. Fokuskan kamera pada latar belakang yang terang dan sesuaikan pengaturan kamera untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.

Kemudian fokuskan kamera pada subjek utama atau bagian yang ingin Anda jadikan siluet, dan periksa pengukuran pencahayaan untuk memastikan bahwa setidaknya subjek Anda 2-stop lebih gelap / under-exposure. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu menyesuaikan kembali titik fokus Anda dan bisa langsung mengambil gambar.

Jika Anda ingin mencoba mengambil gambar siluet dengan kamera yang tidak memiliki kontrol eksposur manual, Anda dapat menggunakan trik kamera dengan merekatkan sepotong kertas atau plastik berwarna hitam tepat didepan lampu flash internal kamera, sehingga ketika flash kamera menyala, tidak ada sumber cahaya yang ditambahkan ke sekitar subjek. Metode ini sedikit lebih rumit tetapi dengan banyak melakukan praktek dan percobaan, Anda akan secara akurat dapat memprediksi seberapa besar cahaya yang dibutuhkan kamera Anda untuk merekam gambar subjek utama yang gelap dengan sebagian backgroundnya yang tetap terang.

TERPOPULER

Galeri

2014 Sony World Photography Awards

Kategori Terbuka

Kategori Nasional

Kategori Pemuda

Terkini