Selasa, 25 Maret 2014

Kamera Misi Apollo 15 ke Bulan Terjual Hampir Satu Juta Dolar

3/25/2014
Hasselblad 500 Appolo 15 moon landing camera

Sebuah kamera yang digunakan pada misi Apollo 15 ke bulan tahun 1971 berhasil terjual senilai hampir satu juta dolar pada sesi lelang di Balai Lelang WestLicht akhir pekan lalu. Hasselblad 500 series yang dibuat dengan penyesuaian untuk bisa digunakan di luar angkasa, digunakan oleh astronot James Irwin saat menjelajah permukaan bulan, dan merupakan salah satu dari sedikit kamera yang dibawa kembali ke Bumi.

Misi penjelajahan permukaan bulan yang dipuji oleh NASA sebagai perjalanan yang paling sukses itu, berlangsung dari 26 Juli hingga 7 Agustus 1971. Selama misi tersebut banyak catatan penting yang berhasil dibuat, di antaranya adalah rekor total waktu terpanjang yang dihabiskan oleh astronot di permukaan bulan (18 jam, 37 menit).

James Irwin berhasil mengabadikan 299 foto dengan kamera Hasselblad ini, disamping beberapa foto lainnya diambil menggunakan kamera lain. Namun karena misi saat itu bertujuan untuk membawa beberapa sampel bebatuan yang ada di bulan, maka untuk tidak membuat pesawat ulang-alik Apollo 15 kelebihan beban, beberapa kamera dan peralatan lain akhirnya terpaksa ditinggalkan, dan hanya kamera Hasselblad 500 ini yang dibawa pulang ke bumi.

Ditemukannya partikel yang setelah diuji merupakan debu yang berasal dari permukaan bulan dalam mekanisme kamera Hasselblad 500 ini membuktikan bahwa kamera ini memang digunakan di permukaan bulan, meskipun diketahui beberapa bagian mekanis kamera telah mengalami penggantian.

Sang pembeli adalah Terukazu Fujisawa, seorang pendiri perusahaan jaringan ritel Jepang Todobashi Camera .

TERPOPULER

Galeri

2014 Sony World Photography Awards

Kategori Terbuka

Kategori Nasional

Kategori Pemuda

Terkini