Senin, 31 Maret 2014

Kamera Matterport Mampu Ciptakan Model Pencitraan 3D

3/31/2014
Kamera 3D Matterport

Teknologi pencitraan dengan menggunakan model tiga dimensi (3D) menjadi salah satu tren teknologi terbaru. Dengan alasan untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada penggunanya, akhirnya setiap produsen perangkat digital berlomba-lomba menerapkan teknologi 3D ini pada produk mereka. Pengumuman terakhir datang dari Proyek Tango milik perusahaan raksasa mesin pencari Google yang membuat para pecinta gadget semakin bersemangat, namun pada saat yang sama merasa khawatir tentang isu yang berkaitan dengan masalah privasi.

Matterport, perusahaan startup yang bekerja sama dengan Google dalam Project Tango pun akhirnya memutuskan untuk ikut meramaikan persaingan inovasi teknologi tiga dimensi dengan meluncurkan kamera 3D mereka sendiri. Kamera seharga 4.500 Dolar AS itu bekerja dengan dukungan perangkat Apple iPad yang menjalankan aplikasi Matterport.


Matterport tidak mengungkapkan banyak informasi tentang spesifikasi kamera terbaru mereka, tetapi pada website resminya sistem yang digunakan digambarkan sebagai berikut :

Sistem 3D Matterport menggunakan kamera yang dipatenkan, dikontrol melalui Apple iPad milik pengguna, untuk menangkap gambar 3D dan 2D dari interior sebuah ruangan. Kamera berputar pada tripod yang diletakkan pengguna di sekitar ruangan untuk menangkap setiap aspek dari ruang tersebut. Teknologi milik Matterport ini kemudian mengaitkan seluruh data untuk membuat kesatuan citra 3D yang lengkap dengan gambar yang melapisi keseluruhan permukaan.

Dalam sebuah wawancara dengan situs berita teknologi TechCrunch, CEO Matterport Bill Brown menjelaskan bahwa sistem yang mereka buat akan sangat berguna untuk mendokumentasikan isi dari sebuah bangun ruang, seperti lokasi konstruksi atau dalam media promosi yang menunjukkan isi bangunan real estate, apartemen, kondominium atau mungkin tempat hiburan. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk mendemonstrasikan modifikasi suatu ruangan - misalnya mengganti bahan lantai atau menempatkan perabotan baru. Brown juga mengatakan bahwa teknologi kamera mereka saat ini adalah langkah awal dan menegaskan kalau sistem Matterport bisa segera diaplikasikan ke dalam produk smartphone, yang akhirnya akan membuat teknologi pencitraan 3D dapat diakses oleh seluruh kelompok konsumen.

Selama kunjungannya ke markas TechCrunch perwakilan Matterport menunjukkan sistem kerja kamera dan hasilnya cukup mengesankan, Anda bisa melihatnya sendiri dalam video di bawah ini.

TERPOPULER

Galeri

2014 Sony World Photography Awards

Kategori Terbuka

Kategori Nasional

Kategori Pemuda

Terkini